Bendahara Palsukan Tandatangan Kades Dalam Dokumen APB-Des

5
12882
Kades Lako Akediri saat menunjukan dokumen APB-Des yang dibubuhi tandatangan palsu.

KantorBerita.id, Maluku Utara – Bendahara Desa Lako Akediri, kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Jiblak Tandatangan Kepala Desa (Kades) Lako Akediri Samsu Miraji, dan Ketua serta Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dalam dokumen Anggaran Pendapat Belanja Desa (APB-Des).

Sehingga, Kepala Desa (Kades) Lako Akediri, Samsu Miraji, rencana mengajukan ke pihak yang berwajib. Sebab, seluruh isi dokumen APB-Des tahun 2017 yang di masukan bendahara ke pemerintah Kabupaten tidak sesuai hasil musyawarah desa.

Kades didampingi ketua BPD desa Lako Akediri pada wartawan kantorberita.id Minggu, (14/05/2017), mengaku kaget melihat dokumen yang mendadak sudah ada pengesahan dari BPD. Bahkan, seluruh dokumen yang baru dibuat seluruhnya sudah di tandatangani di cap basah. Anehnya, isi dokumen dirubah tidak sesuai dari hasil musyawarah BPD.

Ia menegaskan, tindakan bendahara desa dinilai ada unsur kesengajaan mengubah dan menandatangani dokumen tersebut, bahkan ada rencana korupsi. Sebab, item fisik yang menjadi prioritas di desa dialihkan secara diam-diam dalam dokumen dengan mencantumkan secara berlebihan anggara untuk biaya kantor desa.

Kades menambahkan, sebelum mengajukan laporan ke polisi, rencananya Senin, (15/05/2017), akan menyerahkan dokumen itu ke kecamatan untuk dilaporkan tindakan kesewenang-wenangan bendahara yang  sengaja merubah hasil musyawarah desa untuk kepentingan pribadi.

Sementara, Ketua BPBD Lako Akediri Harun Usman, mengaku heran dengan tandatangan yang di jiblak bendahara. Untuk itu dirinya mendesak, Kades segera mengambil langkah administratif kepada bendahara dan memproses secara hukum.(iwn)

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here