KantorBerita.id-Jakarta.

Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan penyegaran ilmu penyidik terhadap 50 Perwira Pertama dan Perwira Menengah (Pama dan Pamen) TNI AL yang tergabung dalam peserta Kursus Perwira Penyidik di Laut (Suspaidikla) 2016, di ruang rapat BNN, Jl. MT Haryono 11, Cawang, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2016).
Penyegaran tersebut dilakukan saat para calon penyidik tindak pidana tertentu di laut itu mengunjungi kantor BNN yang memang merupakan salah satu program dari kursus yang pesertanya terdiri dari 45 laki-laki dan 5 perempuan itu.
Kunjungan yang dipimpin Wakil Komandan Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat ( Wadan Kolat Koarmabar) Letkol Laut (P) Arief Rustaman itu diterima langsung oleh Kepala Balai Laboratorium BNN Kombes Pol Kuswardani, SSI, M.Farm, Kasubdit Interdiksi Wilayah Laut dan Udara BNN Agung Saptono, S.E., M.M., serta sejumlah pejabat BNN lainnya.
Pada kesempatan tersebut, Komandan Kolatarmabar: Kolonel Laut (P) Gregorius Agung W. D., M. Tr (Han) dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Kolatarmabar Letkol Laut (P) Arief Rustaman mengatakan, Suspaidikla merupakan kursus yang memberi bekal pengetahuan kepada Perwira TNI Angkatan Laut sebagai Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut.
Diharapkan, lanjutnya, seluruh Perwira peserta kursus selesai mengikuti kegiatan kunjungan ini dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama mengikuti kursus dan melalui proses penyumpahan secara legalitas dan kredibilitas seorang Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut di wilayah NKRI.
Pada bagian lain, dikatakannya, kunjungan ini untuk mempererat hubungan tali silaturahmi yang sudah terjalin secara harmonis, selain juga dalam rangka untuk mendapatkan pengetahuan serta wawasan yang lebih dalam lagi tentang organisasi yang ada di institusi BNN, bagaimana pola penanganan peredaran narkoba yang sudah memasuki darurat narkoba di Negara Republik Indonesia, apakah undang-undang narkotika saat ini sudah sesuai untuk menjerat pengedar maupun pemakai zat fisiotropika.
Sementara itu, Kepala Balai Laboratorium BNN Kombes Pol Kuswardani, SSI, M.Farm, dalam paparannya antara lain mengatakan, Balai Laboratorium Narkoba BNN mempunyai tugas dan fungsi di bidang pengujian narkotika, psikotropika, prekursor, bahan adiktif lainnya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alkohol, beserta turunannya secara laboratoris, penelitian dan pengembangan laboratorium narkoba.
Ia juga menambahkan, BNN telah memiliki pelayanan laboratorium berbasis Website, yakni: http://lab.bnn.go.id. Menurutnya, BNN mampu memberikan layanan terukur dan dapat diakses oleh pelanggan melalui web. Selanjutnya, Instansi/penyidik dipersilakan meminta username dan password ke Subbag Umum Laboratorium, imbuhnya.
Forum Tanya jawab seolah mampu menambah cairnya suasana yang memang sejak kedatangannya disambut dengan penuh suka cita hingga acara rampung dengan sempurna sesuai harapan kedua belah pihak.
Mengakhiri acara kunjungannya, para Pasis Suspaidikla 2016 beserta Wadan Kolat Koarmabar Letkol Laut (P) Arief Rustaman berfoto bersama dengan para pejabat BNN, setelah sebelumnya saling melakukan tukar menukar cindera mata.

 

IMG-20160412-WA0001

 

Cut Dewi/ KantorBerita.id/mewartakan//

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here