Mendapatkan pekerjaan pertama merupakan salah satu pencapaian penting bagi seorang fresh graduate. Bagaimana tidak, memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah bukanlah hal yang mudah. Bahkan, mereka harus bersaing dengan ribuan pelamar yang memiliki kelebihan masing-masing.

Saat ini, berburu kerja bisa dilakukan dengan berbagai cara. Para fresh graduate juga dimudahkan dengan banyaknya informasi lowongan yang bisa diakses di berbagai media. Untuk itu, berikut ini rangkum beberapa cara melamar kerja bagi fresh graduate:

1. Lamar pekerjaan via email

Ketika memberikan lowongan pekerjaan, perusahaan terkait biasanya mencantumkan alamat email terkait supaya pelamar bisa langsung mengirimkan aplikasinya. Email perusahaan juga bisa dilihat di laman resmi perusahaan yang bisa diakses menggunakan internet. Saat mengirim lamaran kerja, jangan lupa lampirkan CV, resume, dan dokumen pendukung lainnya. Isi bagian subject email dan perkenalkan diri secara umum di bagian tubuh email.

2. Mengirim lamaran melalui fax

Mengirimkan lamaran kerja melalui fax kantor dapat menjadi salah satu alternatif bagi fresh graduate. Kendati demikian, kamu harus menghubungi perusahaan terlebih dahulu supaya lamaranmu sampai kepada bagian perekrutan karyawan.

3. Menaruh lamaran di perusahaan

Jika kamu punya waktu luang untuk berkunjung ke perusahaan impian, tidak ada salahnya pergi ke sana dengan membawa lamaran kerja dan CV. Cobalah bertemu dengan pihak HRD dan memberikan lamaranmu tersebut.

4. Datang job fair

Saat ini, job fair atau bursa kerja sangat diminati oleh para fresh graduate untuk berburu kerja. Sebelum datang ke suatu bursa kerja, siapkan lamaran dan CV sebanyak mungkin. Pilih perusahaan dan posisi yang kira-kira potensial dan cocok dengan latar belakang pendidikanmu.

5. Daftar di pusat karier kampus

Manfaatkan pusat karier kampus untuk mencari kerja. Biasanya, perusahaan yang ada di sana sudah menjalin kerjasama dengan kampusmu sehingga kesempatan untuk dilirik bahkan lolos seleksi akan semakin terbuka.

6. Manfaatkan internet

Di era digital ini, mencari lowongan pekerjaan di internet sangat mudah. Tak hanya itu, terdapat pula berbagai laman yang memberikan jasa perekrutan kerja secara online dan gratis hanya dengan membuat akun di laman tersebut.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here