Dishub Optimis 2018 JCH Diterbangkan Lewat Bacan

81
164899
Kadishub Halsel Soadri Ingratubun

KantorBerita.id, Maluku Utara – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, menargetkan pada 2018 medatang Jama’ah Calon Haji (JCH) asal Halsel diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Oesman Sadik Labuha. Dengan begitu, jama’ah tak perlu ke Ternate untuk menuju Asrama Haji Sudiang di Kota Makassar.

Target tersebut didasarkan pada kondisi Bandara Oesman Sadik yang akan ditingkatkan fasilitasnya, yakni penambahan panjang runway 2.500 meter. Penambahan tersebut agar didarati pesawat jenis Boeing yang melayani rute Labuha-Makassar.

“Target Pemda Halsel itu ada penerbangan langsung Labuha-Makassar-Tanah Suci, sehingga para JCH asal Halsel tak lagi lewat Ternate,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Soadri Ingratubun, saat ditemui KantorBerita.id, Selasa (28/11/2017).

Menurut Soadri, tanggung jawab Pemkab Halsel melakukan pembebasan lahan warga seluas 2.500 meter. Sebab, dana melalui APBN 2018 sudah dialokasikan sebesar Rp 5,9 miliar untuk pengembangan runway bandara.

“Perluasan bandara sendiri merupakan janji Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Panjaitan, dalam lawatannya ke Halsel pada Oktober 2017 lalu,” katanya.

Sebelumnya, Pemkab Halsel telah mengajukan proposal ke pemerintah pusat, untuk alokasi dana senilai Rp 25 miliar untuk kebutuhan runway dan bahan galian C.

“Kami sudah pernah ajukan proposal sesuai yang ditandatangani Bupati, namun realisasinya hanya Rp 5 miliar,” ujar Soadri. (iel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here