Macedonia Persiapkan Perubahan Nama Negara

0
182770

Pemerintah Macedonia mulai hari Senin (11/2) mencabut nama-nama resmi dari gedung-gedung pemerintah untuk mempersiapkan nama baru negara itu: Macedonia Utara.

Pihak berwenang juga bersiap mengganti petunjuk-petunjuk di perbatasan negara itu dengan Yunani.

Negara kecil Balkan itu akan mengubah namanya menjadi “Macedonia utara”, setelah mencapai kesepakatan penting pada musim panas dengan negara tetangganya, Yunani, yang juga memiliki sebuah provinsi bernama Macedonia.

Macedonia kini akan menjadi anggota NATO karena parlemen Yunani hari Jumat (8/2) menyetujui langkah yang akan memungkinkan negara itu bergabung dengan aliansi tersebut. Yunani selama lebih dari 10 tahun ini memblokir masuknya Macedonia ke dalam NATO.

Pemerintah Yunani dan Macedonia yang ingin memberlakukan kesepakatan itu segera, dihadapkan pada oposisi yang kuat dari lawan politik di dalam negeri dan opini publik yang skeptis di kedua sisi perbatasan. Lebih dari dua pertiga orang Yunani menentang kesepakatan itu, menurut beberapa jajak pendapat baru-baru ini, sedangkan referendum mengenai kesepakatan itu di Macedonia tahun lalu mendapati lebih dari 60 persen orang tidak mau memberikan suara. (ka)

Kantor Berita ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here