Cegah Penerapan Tarif, AS-Meksiko Sepakat soal Migrasi

0
255290

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan Amerika dan Meksiko bersepakat tentang migrasi untuk mencegah tarif.

“Dengan senang hati saya beritahukan bahwa Amerika telah menandatangani kesepakatan dengan Meksiko. Tarif yang dijadwalkan diterapkan Amerika pada hari Senin (10/6), terhadap Meksiko, dengan ini ditangguhkan tanpa batas waktu,” ujar Presiden Trump di Twitter.

Pejabat-pejabat Amerika dan Meksiko hari Jumat (7/6) kembali ke meja perundingan untuk pembicaraan hari ketiga guna menemukan cara membendung arus migran Amerika Tengah melintasi perbatasan selatan Amerika yang telah mengancam perdagangan antara kedua negara bertetangga itu.

Perang dagang Trump dengan Meksiko dan negara-negara lain tampaknya mengkhawatirkan perusahaan-perusahaan Amerika sehingga mereka berhenti merekrut pekerja baru, dan hanya menambah 75 ribu pekerja pada bulan Mei, jauh lebih sedikit dari 180 ribu yang diperkirakan para ekonom, demikian dilaporkan Departemen Tenaga Kerja hari Jumat.

Meskipun tingkat pengangguran stabil pada 3,6 %, level terendah dalam 50 tahun, angka hari Jumat merupakan sinyal terbaru bahwa walaupun sehat, ekonomi Amerika melemah. Manufaktur, yang sangat peka terhadap perselisihan dagang, hanya menambah 3.000 pekerjaan, memperpanjang keterbatasan perekrutan tenaga kerja dalam sektor tersebut.(ka)

Kantor Berita ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here