Korea Selatan Beri Akses Wi-Fi Gratis untuk Bus di Seluruh Negeri

0
162289

Liputan6.com, Jakarta – Korea Selatan dilaporkan memiliki rencana untuk menghadirkan layanan internet gratis melalui wi-fi yang dipasang di seluruh bis di negara tersebut. Rencana ini diungkapkan oleh Menteri teknologi informasi Korea Selatan.

Dikutip dari ZDNet, Sabtu (6/7/2019), rencana ini akan mulai dilakukan pada Jumat pekan ini. Sebagai langkah awal, program ini akan dilakukan di kota Gwangju.

Adapun keputusan memilih Gwangju dilakukan karena kota tersebut menjadi tuan rumah gelaran FINA World Championship.

Nantinya, kementerian teknologi informasi berencana untuk memasang wi-fi gratis di 23 ribu bus yang tersebar di seluruh Korea Selatan hingga akhir 2019. Jumlah itu mencakup 86 persen dari seluruh bus  di negara tersebut.

Program ini disebut menjadi langkah pemerintah untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk internet. Tidak hanya itu, pemerintah ingin meningkatkan akses internet ke seluruh warga negara.

Sementara sisa 14 persen dari bus kota yang diperkirakan memiliki jumlah 5.000 armada diperkirakan akan menerima program wi-fi gratis ini pada tahun depan. Menurut kementerian, hal itu dilakukan setelah anggaran tambahan untuk proyek ini disetujui.

KT sebagai operator terbesar nomor di Korea Selatan akan menjadi vendor yang bertanggung jawab sebagai penyedia internet. Perlu diketahui, uji coba program ini sebenarnya sudah dilakukan sejak Mei 2019.

Kehadiran program ini sekaligus menegaskan Korea Selatan sebagai negara paling terkoneksi di dunia, setelah sebelumnya wi-fi gratis hadir di subway dan lokasi penting.

2 dari 3 halaman

Korea Selatan Resmi Gulirkan 5G, Jadi yang Pertama di Dunia

Korea Selatan akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran jaringan 5G di negaranya. Adalah tiga operator negara tersebut yang mulai menggulirkan layanan komersial 5G di Negeri Gingseng itu.

Adapun tiga operator yang berkontribusi dalam rilisnya 5G di Korea Selatan adalah SK Telecom, KT, dan LG Uplus. Peluncuran dilakukan pada hari Rabu waktu setempat.

Dikutip dari Venture Beat, Jumat (5/4/2019), sebagai bentuk peluncuran layanan 5G di Korea Selatan, SK Telecom memberikan kesempatan lebih dulu pada enam orang yang beruntung untuk menjadi pelanggan pertama.

Pelanggan pertama yang sudah dapat menjajal layanan 5G tersebut adalah dua anggota Exo, peraih medali olimpiade, atlet esports, atlet para-renang, hingga pengguna terlama SK Telecom.

Menurut SK Telecom, keenamnya merupakan pelanggan pertama layanan 5G di dunia. Di saat yang bersamaan, Samsung juga membuka penjualan Galaxy S10 5G di negara tersebut.

3 dari 3 halaman

Lebih Dulu dari Amerika Serikat

Uniknya, menurut kabar yang beredar, jadwal peluncuran 5G di Korea Selatan dimajukan lebih awal. Alasannya, mereka ingin meluncurkan 5G lebih dulu dari Amerika Serikat, tepatnya Verizon.

Dari laporan yang beredar, perubahan ini dilakukan di menit-menit terakhir setelah sebelumnya dilakukan pertemuan dengan sejumlah regulator di Korea Selatan.

Menurut laporan Yonhap, peluncuran di Korea Selatan terjadi lebih cepat karena perbedaan zona waktu. Karenanya, peluncuran 5G di Korea Selatan sedikit lebih cepat ketimbang Verizon di Amerika Serikat.

Verizon sendiri juga dilaporkan juga mengumumkan kehadiran layanan 5G di Chicago dan Minneapolis pada Rabu waktu setempat. Peluncuran oleh Verizon ini juga maju lebih awal dari rencana sebelumnya, yakni 11 April.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Kantor Berita ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here