PA Labuha Kantongi 400 Kasus Isbat Nikah di Halsel

6
264177
Humas Pengadilan Agama Labuha Sardianto

KantorBerita.id, Maluku Utara – Pengadilan Agama (PA) Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara (Malut), bakal bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk mengatasi membludaknya kasus isbat nikah di Halsel. Dari tahun ke tahun isbat nikah di Halsel cenderung meningkat.

“Data yang masuk hingga tahun 2017 sebanyak 400 kasus isbat nikah,” ungkap Humas PA Labuha, Sardianto kepada KantorBerita.id, Rabu (06/12/2017).

Sardianto yang juga salah satu hakim di Pengadilan Agama ini menjelaskan, isbat nikah merupakan pasangan suami istri yang menikah namun tak memiliki buku nikah dari KUA setempat. Sebab, pengurusan administrasi lain yang membutuhkan keterangan pernikahan sulit dilakukan. “Kasus ini meningkat di Halsel,” katanya.

Menurut Sardi, penyebab utama tidak adanya buku nikah bagi pasangan rumah tangga sebagian besar karena terjadi konflik horizontal di tahun 1999 silam. Saat itu pelayanan pemerintahan sempat lumpuh total.

“Saat itu pelayanan pemerintahan sempat lumpuh, disinilah buku nikah tidak dapat diproses,” terangnya.

Ia mengimbau, pasangan suami istri yang belum memiliki dasar hukum berupa buku nikah, segera melapor ke PA Labuha. Dengan begitu, pihak PA dapat mengcover dan melakukan pengurusan. “Kalau sudah waktunya kami bersama KUA akan memproses buku nikah tersebut,” katanya. (iel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here