Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyatakan maju sebagai calon presiden, usai menerima mandat dari kader Gerindra dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 11 April 2018.

Menariknya, petinggi Gerindra menyebut bahwa deklarasi Prabowo Capres bakal dilakukan di Kabupaten Banyumas, yang disebut sebagai tanah leluhur Prabowo.

Wacananya, saat itu akan dideklarasikan pula calon wakil presiden yang bakal mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2019, melawan capres petahana, Joko Widodo (Jokowi)

Silsilah Prabowo Subianto dapat dirunut dari ayahnya, Prof. Sumitro Djoyohadikusumo dan kakeknya, Margono Djoyohadikusumo.

Kakek Prabowo Subianto adalah pendiri Bank Negara Indonesia (BNI). Margono lahir di Purwokerto dan berasal dari keturunan bangsawan Banyumas masa itu.

Wacana deklarasi pencapresan Prabowo di Banyumas pun disambut baik oleh jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Banyumas. Mereka menyatakan siap all out menyukseskan deklarasi pencapresan Prabowo Subianto jika benar digelar di Banyumas.

“Kita siap siang malam pokoknya memenangkan Pak Prabowo Subianto, all out,” ucap Kader Gerindra yang juga anggota DPRD Banyumas Fraksi Gerindra, Yoga Sugama, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis 12 April 2018.

 

Gerindra Banyumas Bersiap

Pilkada Banyumas 2018 mempertemukan Ahmad Husein-Sadewo yang diusung PDIP dan koalisi melawan Marjoko-Ifan yang didukung Gerindra dan koalisi. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Dia menilai, wacana deklarasi Prabowo Capres di Banyumas masuk akal lantaran Prabowo memiliki garis keturunan Banyumas yang kuat dari kakeknya. Sebagian kalangan menanggap bahwa Prabowo Subianto merepresentasikan orang Banyumas.

Kabar pencapresan Prabowo bakal dilakukan di Banyumas datang dari Ketua DPC Gerindra Banyumas Budiono. Dia  mengatakan, mendapat informasi langsung dari Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani.

Yoga juga memastikan seluruh kader Gerindra siap menyukseskan pendeklarasian Prabowo, baik di Banyumas maupun di tempat lain.

Sebab, jajaran Gerindra pimpinan cabang (DPC) dan pimpinan daerah (DPD) sudah bertekat bulat mengusung Prabowo sebagai satu-satunya kandidat calon presiden dari Partai Gerindra. Dan itu diputuskan jauh-jauh hari sebelum Rakornas.

“Mau deklarasi di Banyumas atau di mana pun, saya sebagai kader selalu siap. Artinya ya, sebelum ini pun kita sudah siap. Karena sebelum Rakornas, kita mengadakan Rakorcabsus, karena dilakukan khusus, gitu kan,” dia menerangkan.

 

Kapan Deklarasi Prabowo di Banyumas?

Dalam Pilkada Banyumas 2018, Partai Besutan Prabowo Subianto, Gerindra dan lima partai lainnya mengusung Marjoko-Ifan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Meski begitu, Gerindra belum membicarakan hal ini ke tingkat teknis. Jajaran partai Gerindra pun masih berkomunikasi dengan partai-partai lain yang berpotensi mengusung Prabowo.

Saat ini DPC Gerindra Banyumas masih menunggu instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

“Kalau bahasa yang dulunya itu, bertekad bulat agar Pak Prabowo berkenan menjadi kandidat capres,” dia menegaskan.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Puyuono, sesaat setelah Prabowo menerima mandat untuk maju dalam Pilpres 2019, belum bisa memastikan kapan waktu deklarasi. Sebab, Gerindra masih menunggu pernyataan resmi partai lain yang berpotensi besar mengusung Prabowo. Saat itu, akan dideklarasikan juga cawapresnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here