Walikota Lantik Lima Pimpinan BAZNAS Tikep

2
167663
Walikota Tidore Kepulauan, H Ali Ibrahim, melantik Lima Pimpinan BAZNAS Tikep

KantorBerita.id, Maluku Utara – Walikota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim, Kamis (08/02/2018), melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tidore Kepulauan, masa bakhti 2017-2022, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota.

Turut hadir pada upacara tersebut diantaranya Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, Asisten, Staf Ahli, Sejumlah Forkompinda, Pimpinan SKPD, Badan dan Bagian Lingkup Kota Tidore Kepulauan.

Ali Ibrahim menyampaikan, keberadaan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstructural di bawah naungan Kementerian Agama, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, dikeluarkan masyarakat khususnya Ummat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Indonesia, khususnya Kota Tidore Kepulauan.

Menurutnya, ada empat factor yang mendukung keberhasilan dari zakat yaitu, regulator dari pemerintah sudah cukup banyak dan lengkap mulai dari Undang-undang Peraturan Pemerintah, Instruksi Presiden hingga Peraturan BAZNAS. Motivator dimana Kementerian Agama menjadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini, Koordinator dalam hal pengumpulan zakat dan pendistribusiannya dan Fasilitator dalam hal ini Pemda sudah memberikan banyak fasilitas kepada BAZNAS seperti kantor, kendaraan dana operasional dan sebagainya demi menunjang peningkatan kinerja BAZNAS Kota Tidore Kepulauan.

Dengan demikian Ali berharap, pimpinan BAZNAS yang dilantik menjalankan program yang dilakukan BAZNAS ke depan lebih mempertegas fungsi BAZNAS sebagai amil zakat. Bahkan, BAZNAS harus secara rutin dan transparan menginformasikan kepada masyarakat penerimaan zakat, infaq dan shadaqah serta pendistribusiannya, terlepas dari banyak atau sedikit dana yang terkumpul.

Pembentukan Pimpinan BAZNAS Kota Tidore Kepulauan berdasarkan Surat Keputusan Walikota Tidore Nomor 141.15 Tahun 2017. Adapun jumlah pejabat yang dilantik sebanyak 5 orang.

Untuk Susunan Pimpinan BAZNAS Kota Tidore Kepulauan yang diangkat diantaranya Muhammad Rasyid sebagai Ketua BAZNAS, H.M. Saleh Yasin sebagai Wakil Ketua Bidang Pengumpulan, H. Humaidy M. Saleh sebagai Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, H. Hadad Nurdin, sebagai Wakil Ketua Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan, H. Masri Fathun sebagai Wakil Ketua Bidang Administrasi, SDM dan Umum. (Oi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here